Rabu, 11 Mei 2011

Merancang Masa Depan Fantastis Part 1

Setahun yang lalu saya membaca buku yang berjudul young, rich, & famous karya Jeanne Webster, C.P.C.

Saya begitu tertarik dengan cara dia memotivasi anak usia remaja dalam menentukan pilihan untuk masa depannya. Mungkin saya akan sedikit berbagi kalimat-kalimat yang saya suka di sini.

I. PERJALANAN TERHEBAT DALAM HIDUPMU
Semua orang itu memiliki impian. Impianmu bisa terwujud, bukan karna kamu beruntung, tiba-tiba mendapat kesempatan, atau karena seseorang mengayunkan tongkat sihirnya, melainkan karena kamu mengarahkan potensimu.
Perbedaan antara "impian sebatas impian" dan "impian yang jadi kenyataan" adalah adanya rasa percaya diri dan kemampuan untuk membuat impian tersebut jadi nyata.

II. YAKINI KEHEBATANMU
Semua orang ditakdirkan untuk menjadi orang hebat. Kamu pun begitu! Kamu udah punya bibit-bibitnya sejak lahir. Aku juga yakin kalau kamulah yang menentukan nasibmu sendiri, melalui pilihan-pilihan yang kamu buat setiap harinya.

III. AMBIL SATU LANGKAH DALAM SATU WAKTU
Mungkin pada awalnya, mewujudkan impianmu dan menjalani potensi besarmu, kelihatannya muluk-muluk dan di luar jangkauan banget. Tapi kalau kamu mengambil langkah-langkah kecil, kamu bisa menanganinya. Satu langkah kecil dalam satu waktu, akhirnya semua bakal terlaksana juga.
Sewaktu-waktu, mungkin kamu akan merasa jenuh karena jalanmu lambat banget. Tapi, lambat itu jauh lebih baik daripada menangani semuanya sekaligus, lalu baru sadar kemudian kalau ternyata kamu gak bisa menghadapinya.

IV. SEDIAKAN WAKTU BUAT BELAJAR
Mungkin kamu sudah punya kehidupan impian yang sempurna. Tapi, ada jurang pemisah besar antara memimpikannya dan bagaimana kamu akan mencapainya.
Jadi, belajar dari sekarang tentang cara mengarahkan tindakanmu untuk mencapai kehidupan masa depan yang kamu inginkan.

V. BIKIN STANDAR SENDIRI
Saat kamu enggak bergantung lagi sama orang lain, alias hidup mandiri, daftar peraturan dari "tidak boleh" akan berubah menjadi "tidak akan".

"Kalau kamu membatasi pilihanmu hanya pada hal-hal yang kelihatannya mungkin atau masuk akal untuk dilakukan, berarti kamu nggak benar-benar mengejar yang kamu inginkan, dan yang akan tertinggal hanyalah kompromi." -Robert Fritz-

VI. BERPIKIR BUAT DIRIMU SENDIRI
Kamu butuh pendidikan dan kesadaran untuk menjalankan hidupmu sepenuhnya. Kamu juga butuh bimbingan dan aturan untuk menjalani hidupmu di masyarakat dengan cara yang baik. Selain itu, kamu pun butuh impian yang benar-benar indah, menyenangkan, dan besar supaya kamu bisa menjalani hidupmu dengan cara yang paling luar biasa dan istimewa.
Kamu harus menyadari apa yang benar-benar ingin kamu sertakan dalam kehidupan impianmu.

VII. KENALI SIAPA DIRIMU
Pasti enak banget kalo saat kamu memasuki tahap kemandirian dalam hidupmu, kamu sudah benar-benar siap dan terfokus. Untuk itu, kamu harus mengenali dulu siapa dirimu dan prinsip-prinsip apa yang kamu yakini.
 Aku ingin kamu memandang kegagalan bukan sebagai titik akhir, melainkan sebagai permulaan baru; dan melihat kesalahan sebagai bentuk lain dari belajar. Aku juga ingin kamu bisa menjalani hidup dengan penuh hasrat dan kegembiraan. Aku ingin kamu bangun setiap pagi, penuh energi, bahagia dengan keberadaanmu, dan mencintai kehidupan yang telah kamu pilih untuk dijalani.

Karena kamu adalah orang yang paling tahu tentag hidupmu, hanya kamu sendiri yang tahu kapan kamu siap melihat masa depanmu. Yakinlah, kalau kamu punya kemampuan untuk menjadikan kehidupanmu berharga dan penuh kegembiraan.

Masa depanmu adalah pilihanmu dan harus selalu jadi pilihanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar